Waktu, Dimensi ke-4 Yang Menakjubkan

Posted by
12
views

Seperti sebuah adegan dalam timeline sebuah film animasi, waktu merekam detik demi detik perjalanan panjang kita di dunia ini, frame demi frame. Bedanya, dalam dunia nyata, waktu tak bisa diputar balik, apalagi dihentikan.

Mesin waktu dan manusia bergerak menyamai kecepatan cahaya adalah fiksi. Waktu tetaplah dimensi yang tak akan dapat direkayasa manusia.

Waktu akan terus berjalan ke depan, membawa seluruh frame kehidupan yang dimuatnya. No retreat! No wayback!

Pilihan kita sebagai manusia, makhluk lemah yang dikaruniai akal sekaligus beban untuk menjadi khalifah di muka bumi ini, hanya tinggal mengelolanya, menggunakannya dengan sebaik-baiknya.

Dalam sebuah maqolah ulama disebutkan bahwa waktu itu seperti pedang. Pilihannya cuma dua: kita gunakan untuk menebas, atau waktu akan menebas kita.

الوقت كالسيف إن لم تقطعه قطعك

Bahkan orang barat menganggap waktu adalah uang. Menyia-nyiakan waktu berarti membuang-buang uang. Time is money!

Junjungan kita, Nabi Muhammad Saw berwasiat kepada kita untuk menjaga 5 hal berkaitan dengan waktu ini, sebelum datang 5 hal yang lain.

اغتنم خمسا قبل خمس شبابك قبل هرمك وغناك قبل فقرك وفراغك قبل سغلك وصحتك قبل سقمك وحياتك قبل موتك

Jagalah 5 hal, sebelum datang 5 hal: mudamu sebelum datang tuamu, kayamu sebelum datang miskinmu, waktu luangmu sebelum datang sibukmu, sehatmu sebelum datang sakitmu, hidupmu sebelum datang matimu.

Sangat jelas Nabi menyuruh kita memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai kita tergopoh-gopoh dan tersiksa melalui semua fase kehidupan itu. Karena kondisi kehidupan kita tak akan luput dari 10 hal tersebut. Bila 5 hal kita gunakan dengan baik, 5 hal yang lain juga akan kita lalui dengan baik. 5 hal kita sepelekan, 5 hal yang lain akan menjadi bencana.

والعصر إن الإنسان لفى خسر الا الذين ٱمنوا وعملو االصالحات وتواصوا بالحق وتواصو بالصبر

Dan dari semua hal di dunia ini, yang terbaik bagi manusia adalah beriman, beramal soleh, saling berwasiat kepada kebaikan dan kesabaran. Sebagaimana firman Alloh dalam surat Al Ashr di atas.

Bila Anda beriman (ingat rukun iman yang enam), beramal soleh ( dalam hubungan sesama makhluk maupun dengan sang khalik), berbuat baik dan berlaku sabar kepada sesama manusia sekaligus menjadikan diri sebagai teladan bagi manusia yang lain, maka Anda orang beruntung di dunia. Orang yang menggunakan anugerah waktu dengan baik!

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *