Tuman

Posted by
109
views

Entah darimana asalnya, medsos penuh dengan meme tuman. Tuman adalah bahasa jawa. Arti harfiahnya: udah dikasih masih minta lebih. Itulah hebatnya bahasa jawa. Frasa yang singkat artinya panjang. Hampir menyamai efektifitas bahasa Arab. Teks bahasa Arab satu lembar, diterjemahkan bisa menjadi berlembar-lembar.

Sebagai sebuah kreatifitas, meme tuman ini sah-sah saja. Hanya beberapa gelintir orang yang keberatan dengan aksi tampar tuman ini. Dianggap tidak mendidik? Ayolah, ini cuma asyik-asyikan di dunia maya.

Justru meme ini mengingatkan kita agar jangan lupa bersyukur dan terima kasih. Juga dengan mengimbangi anugerah yang telah diberikan dengan karya nyata. Kalau tidak mau kena tampar.

Mari kita resapi firman Alloh Swt berikut ini :

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

Dan (ingatlah) ketika Rabbmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat. [Ibrâhîm/14:7]

Juga hadits berikut:

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu dia berkata, Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : اُنْظُرُوْا إِلَى مَنْ أَسْفَلَ مِنْكُمْ، وَلاَ تَنْظُرُوْا إِلَى مَنْ فَوْقَكُمْ، فَهُوَ أَجْدَرُ أَنْ لاَ تَزْدَرُوْا نِعْمَةَ اللهِ عَلَيْكُمْ.

Lihatlah kepada orang-orang yang lebih rendah daripada kalian, dan janganlah kalian melihat kepada orang-orang yang berada di atas kalian, karena yang demikian itu lebih patut bagi kalian, supaya kalian tidak meremehkan nikmat Allâh yang telah dianugerahkan kepada kalian.”

Maka, marilah syukuri semua anugerah yang diberikan Alloh Swt. Kalau tidak? Azab Alloh akan menamparmu! Tuman! Hehe

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *