Sujud Syukur Ala Prabowo, Sahkah?

Posted by
17
views

Gonjang-ganjing pemilu dan pilpres di negeri kita telah menguras energi bangsa, membangkitkan sentimen identitas, dan menyebarkan kenyinyiran, fitnah dan ghibah. Kok jelek semua ya akibatnya? Tenang, dilibatkannya agama dalam politik ini tak melulu berakibat buruk.

Banyak hukum-hukum dan ilmu agama yang sebelumnya tak dikenal masyarkat, menjadi populer. Katakanlah hukum kencing onta, tafsir Al-Maidah 51, tashrif kafara-yakfuru-kufran, hukum shalat Jum’at di lapangan, bedanya fitnah dan ghibah, dan masih banyak lagi.

Yang populer di detik-detik akhir ini ada lagi: sujud syukur. Sujud ini dilakukan capres Prabowo Subianto untuk mensyukuri kemenangan hasil realcount internalnya. Lalu kapan sebenarnya kita disunnahkan sujud syukur?

Pertama, ketika mendapatkan nikmat tak terduga dari Allah. Kedua, ketika terhindar dari bahaya dan musibah yang hampir melanda. Ketiga, ketika terhindar dari perbuatan dosa dan maksiat, padahal dosa dan maksiat tersebut sudah umum dilakukan orang pada saat itu.

Lalu, bagaimana cara sujud syukur yang benar? Sebelum melakukannya kita harus yakin telah memenuhi syaratnya, yaitu: suci dari najis, hadats besar dan kecil, menutup aurat dan menghadap kiblat.

Cara melakukannya adalah sebagai berikut:

Pertama, takbiratul ikhram disertai niat sebagai berikut;

نَوَيْتُ سُجُوْدَ الشُّكْرِ سُنَةَ للهِ تَعَالَى

“Saya niat melakukan sujud syukur sunnah karena Allah Ta’ala.”

Kedua, sujud satu kali dengan membaca kalimat ini:

سَجَدَ وَجْهِى لِلَّذِى خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ وَشَقَ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ فَتَبَا رَكَ اللهُ اَحْسَنُ الْخَالِقِيْنَ.

“Aku sujudkan wajahku kepada yang menciptakannya, membentuk rupanya, dan membuka pendengaran serta penglihatan. Maha Suci Allah sebaik-baik Pencipta.”

Ketiga, duduk  iftirasy, lalu mengucap salam ke arah kanan dan kiri.

Jadi, itulah cara sujud syukur yang benar. Lalu sahkah sujud syukur yang dilakukan Prabowo Subianto? Silahkan Anda menilai sendiri!

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *