Life Finds A Way…

Posted by
5
views

Ada sebuah ungkapan bagus dari Dr. Ian Malcolm, sebuah karakter film Jurassic Park yang pertama: life finds a way!

Saat itu, dinosaurus yang “diciptakan” memang semuanya betina. Untuk pengendalian populasi. Agar tak ada perkembangbiakan di luar kehendak laboratorium.

Namun apa yang terjadi? Malcolm menemukan telur-telur dinosaurus di alam liar. Ternyata sebagian mereka berubah jenis kelamin. Hidup menemukan jalannya….

Di halaman rumah saya, ada bunga kertas yang saya tanam di atas pot semen yang kokoh. Bagian bawahnya tebal. Saat menanamnya, terbersit fikiran ini: kalau saya telat menyiram, bunga ini akan mati. Lambat laun, saya sering lupa menyiramnya. Tapi bunga itu tetap hidup dengan suburnya. Apa yang terjadi? Hidup menemukan jalannya. Akar bunga sepatu itu berhasil menembus dasar pot dan menjalar ke segala arah.

Sekarangpun begitu. Karena korona, manusia ibarat bunga yang hidup di atas pot. Tak bisa mencari sumber penghidupan seperti sebelumnya. Banyak yang bingung, stress dan menderita. Karena modal “keyakinan dan percaya diri” yang kurang.

Ayolah…kita ini manusia, makhluk tercerdas se alam raya. Bunga saja bisa menemukan jalan kehidupannya, apalagi manusia.

Life finds a way! Bahkan bila korona itu tak kunjung ada solusinya, manusia akan tetap punya solusi. Untuk hidup, berkembang, dan menikmati hidupnya.

Jadi… santai aja brur! Mari tetap berkarya dalam keterbatan. Setiap ada kendala kehidupan manusia, tersembunyi banyak peluang. Jadilah bagian dari solusi. Bukalah peluang itu!

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *