Khilafah adalah Khilafiyah

Posted by
21
views

Kalau suatu saat Anda searching di google tentang khilafah, akan muncul situs-situs propaganda khilafah.

Khilafah adalah kesepakatan empat madzhab. Jadi tak ada celah bagi siapapun tidak setuju khilafah. Begitu katanya. Mereka menempatkan wajibnya khilafah sebagaimana wajibnya shalat lima waktu.

Akibatnya seperti sekarang ini. Cap kafir dan munafiq begitu mudah disematkan kepada orang dan kelompok yang bertentangan.

Padahal masalah khilafah ini sama saja seperti qunut. Yang dipertentangkan Muhammadiyah dan NU. Dulu. Padahal bila shalat tidak berqunut pun sah menurut NU. Begitupun sebaliknya.

Yang lebih dekat contohnya adalah isbal. Memanjangkan celana sampai di bawah mata kaki ini menurut kelompok mereka haram, masuk neraka. Maka wajib hukumnya memotong celana di atas mata kaki. Padahal hukum sebenarnya adalah makruh dan sunnah.

Wahai saudaraku. Ketahuilah bahwa agama Islam ini mudah, maka jangan dipersulit. Hukum-hukum dalam Islam sudah dipilah-pilah sesuai derajat perintah dan larangannya. Jangan mewajibkan yang sunnah. Jangan juga mengharamkan yang makruh.

Hukum menegakkan khilafah ini tidak bisa disamakan dengan wajibnya menegakkan syariat Islam dan berhukum dengannya. Itu jelas muttafaq alaih.

Membentuk sebuah negara (ideal) yang dipimpin seorang khalifah yang diangkat oleh para ulama ahlul hal wal aqd, adil, makmur dan sejahtera memang sepertinya indah. Tapi jangan menyalahkan yang mengatakan itu utopia.

Masalah khilafah ini ijtihady. Tidak ada nash shorih dari Al-Qur’an, Al-Hadits, Ijma’ maupun Qiyas yang mewajibkannya.

Tapi bagi Anda yang meyakini wajibnya membentuk khilafah, silahkan berjuang. Tapi dengan cara-cara yang baik sebagaimana sejarah kehidupan Rasulullah Saw yang penuh akhlaqul karimah.

Itu!

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *