Jadi Orang Baik Bikin Miskin?

Posted by
13
views

Sebuah riset dilakukan untuk mengetahui hubungan isi kantong dan kebaikan seseorang. Sandra Matz, peneliti di Columbia Business School, New York City, AS, dan Joe Gladstone adalah pelakunya.

Matz mengkombinasikan pertanyaan-pertanyaan keuangan dengan data bank, juga data banyaknya orang yang tidak bisa membayar hutang.

Kesimpulan riset ini mencengangkan:  orang yang baik memiliki kemungkinan besar mengalami masalah keuangan. Orang baik memiliki tabungan yang lebih rendah, utang lebih banyak, dan lebih mungkin bangkrut.

Masalahnya, orang baik tidak begitu mempedulikan uang. Mereka lebih sering menolong orang, atau meminjamkan uang di saat sebenarnya mereka juga kesulitan.

Jadi agar orang baik ini bisa kaya, Matz menyarankan agar orang-orang baik itu “mencoba untuk bisa” menolak orang yang meminta tolong. Kasarnya, Matz menyuruh orang baik untuk menjadi orang tidak baik agar bisa kaya.

Yok opo rek? Kewalik dunyo iki!

Padahal Islam mengajarkan agar sejahtera, bahagia dan kaya, jadilah orang baik. Kita tak akan rugi secuilpun dengan menolong orang lain. Konsep kebaikan dalam Islam adalah satu dibalas sepuluh.

مَنْ جَاءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا وَمَنْ جَاءَ بِالسَّيِّئَةِ فَلَا يُجْزَى إِلَّا مِثْلَهَا وَهُمْ لَا يُظْلَمُونَ

“Barangsiapa membawa amal yang baik, maka baginya sepuluh kali lipat amalnya; dan barangsiapa yang membawa perbuatan jahat maka dia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya (dirugikan).” (QS. Al An’am: 160).

Jelasnya, orang yang berbuat baik sekali akan mendapat feedback 10 kebaikan dalam hidupnya. Anda meminjami teman yang kesulitan, pasti ketika Anda kesulitan ada 10 orang yang siap membantu. Pasti? Iyalah, Al-Qur’an tidak mungkin bohong.

Bahkan rumus ini bisa diaplikasikan dalam sedekah. Sedekahkan 1 juta, maka Anda pasti mendapat 10 juta setelahnya. Pasti? Iyalah, Al-Qur’an tidak mungkin bohong.

Kalau tidak ikhlas bagaimana? Anda menghitung-hitung itu sudah jelas tidak ikhlas kan? Sedekah kok kayak orang dagang. Tapi itu nyata, dan boleh. Sedekah tidak ikhlas itu tak berdosa. Tapi juga tak mendapat pahala di akhirat. Kan sudah diganti 10 kali lipat di dunia?

Nah, kalau ingin untung dobel, bersedekahlah dengan ikhlas. Dibalas 10 kali lipat di dunia dan di akhirat. Untuk latihan ikhlas ya sering-seringlah sedekah. Entah berapa persen kan pasti ada ikhlasnya, lama-lama kan semuanya.

Jangan takut jadi orang baik dan menebarkan kebaikan. Bahagia, sejahtera, aman sentausa dan ketika Anda meninggalkan dunia ini, nama baik Anda akan dikenang!

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *