Sifat Pengobatan ala Rosululloh saw bagian 1 (Pencegahan)

Posted by
44
views

beberapa hari yang lalu kita telah membahas tentang thibbun nabawi pada tulisan saya sebelumnya yang berjudul Menyontek gaya hidup manusia paling sehat sepanjang sejarah,  kita coba untuk menguraikan sifat-sifat pengobatan nabi yaitu dengan teknik pencegahan (prevention) , pengosongan (cleansing), pengimbangan (balancing), pada tulisan kali ini, saya akan coba membahas tentang teknik pengobatan nabi yang pertama yaitu pencegahan (prevention).

Pencegahan dalam ilmu pengobatan ialah menolak semua unsur yang merusak tubuh. mulai dari memperhatikan tempat makan, seyogyanya kita makan ditempat-tempat yang bersih, kemudian memperhatikan asupan yang terkandung dalam makanan tersebut, jangan tergiur dengan harga murah tapi ternyata kandungan makanan tersebut membahayakan bagi kesehatan tubuh, misal terlalu banayak pengawet, penyedap, pewarna, pelembut, dan lain sebagainya. kesehatan sangatlah berharga, karena jika telah terjangkit penyakit apalagi jika sudah komplikasi dari bebrbagai penyakit, mau tak mau pengeluaran akan lebih mahal. Memperhatikan makanan temasuk dalam aspek fisikal yang mana berperan dalam menyeimbangkan kesehatan jasmani.

Berwudhu merupakan salah satu contoh menjaga kebersihan untuk tujuan pencegahan penyakit. Karena dalam keadaan berwudhu merupakan salah satu langkah dalam pembersihan hati, kebersihan hati merupakan bagian dari aspek spiritual yang mana berperan dalam menyeimbangkan kesehatan rohani. Jika aspek fisikal dan aspek spiritual telah seimbang, maka secara tidak langsung aspek mental dan aspek emosi akan menjadi seimbang pula.

Setelah semua aspek menjadi seimbang, hal yang juga sangat penting harus diperhatikan adalah tercukupinya cairan tubuh, yang artinya, harus banyak minum air putih, standar yang sudah kita ketahui yaitu setidaknya kita perlu minum 2 liter air putih setiap hari. Agar sistem dalam tubuh dapat bekerja dengan baik dan maksimal. Alam tubuh dan alam bumi adalah hal yang sama, seperti hal nya tubuh manusia, tanah yang subur akan menumbuh kembang biakkan tanaman dengan baik, sedangkan tanah yang kering dan gersang, sangat tidak memungkinkan adanya kehidupan. Maha besar Allah yang telah menciptakan alam semesta ini agar manusia mau belajar dan melihat kebesaran-Nya.

Seperti tanaman yang memerlukan nutrisi semisal pupuk (pupuk organik tentu lebih baik bagi tanaman dan juga tanahnya), begitupun tubuh juga memerlukan herba sebagai nutrisi tubuh, Rasulullah saw mengajarkan cara food combining dengan terapi timun dan kurma, dijadikan jus akan memberikan khasiat lebih baik. Gabungan kedua enzim ini dapat menjadikan tubuh kembali hidup sebagai bentuk penyembuhan diri sendiri.

Setelah air tercukupi, nutrisi tubuh juga sudah tercukupi, kebutuhan ruhaniyah yang bersifat ilahiyah pun tercukupi, insyaAllah, tubuh akan senantiasa sehat, karena terjadi keseimbangan dalam tubuh, jika pun telah berikhtiar menjaga keseimbangan tubuh kemudian terkena penyakit, kembali lagi kita pada aqidah kita, sakit dan sehat dari pada Allah swt, semoga kita termasuk orang yang senantiasa bermuhasabah, bahwasannya tidak ada asap jika tidak ada api, tak akan terjadi masalah jika tidak berbuat kerusakan, mungkin ada kesalahan dari makanan yang kita makan, bisa jadi juga karena faktor lingkungan atau ada yang salah dengan hubungan kita dengan Allah.

semoga tulisan kali ini bermanfaat bagi para pengunjung dan bagi saya khususnya.

Comments

comments