Leukimia dan Sosis

Posted by
29
views

Ani Yudhoyono terkena leukimia. Ponakan teman yang baru kelas 6 SD meninggal karena kanker darah. Tetangga yang belum genap 30 tahun meninggal karena leukimia. Anaknya Denada kena leukimia. Dan.. masih banyak lagi

Saya heran, penyakit berat kok pasaran. Saya selidiki apa kebiasaan (terutama pola makan) pengidap kanker darah alias leukimia ini. Belum 100% tersimpulkan.

Perkiraan saya, sumbernya adalah makanan. Karena porsi besar penyebab penyakit adalah makanan tak sehat. Kalau tak usah makan aja? orang tak sakit, tapi mati.

Makanan yang kita makan harus baik kalau ingin sehat. Juga jangan berlebihan.  Dalam tafsir Ibnu Katsir dijelaskan begini:

قال بعض السلف : جمع الله الطب كله في نصف آية : ( وكلوا واشربوا ولا تسرفوا )

“Sebagian salaf berkata bahwa Allah telah mengumpulkan semua ilmu kedokteran pada setengah ayat ini: Makan dan minumlah dan jangan berlebihan.”

Penyakit ini sungguh ngeri. Kalau kanker yang lain jelas tempatnya, bagian mana yang terkena. Ini yang terkena kanker adalah darahnya. Yang beredar ke seluruh tubuh. Saya yang orang awam tak mudeng dan tak dong gimana mengobatinya.

Karenanya mending cari penyebabnya, hindari. Nah, dari penyelidikan dan penyidikan belum bisa disimpulkan. Dari mbah google dan beberapa pakde blog (?) malah sudah ada kambing hitamnya: sosis, dan daging olahan sejenisnya seperti daging pada burger, nugget dan sebagainya.

Yang saya khawatir, bakso yang makanan favorit wong cilik seperti saya juga masuk. Alhamdulillah, sepertinya aman. Kalau burger, perut saya kroncalan, tak paham bahasanya.

Yang wajib kita khawatirkan adalah sosis. Karena disukai anak-anak. Sosis alias sausage ini asalnya (katanya lo) olahan daging babi. Awalnya tidak ada sosis yang bukan babi. Lama-lama ada yang bikin sosis dari sapi dan ayam. Dari asalnya aja udah bikin kang santri bergidik toh?

Sosis sebenarnya juga bukan makanan enak, justru aneh rasanya. Itu makanan impor, udah gak enak, bikin penyakit. Celakanya, disukai anak-anak. Satu lagi yang digandrungi anak-anak: nugget.

Sebenarnya makanan ini aman asal tak berlebihan: konsumsi seminggu sekali. Sesuai ayat di atas. Tapi siapa yang bisa menahan selera makan anaknya? Iklannya saja disuruh stok bertoples toples.

Kayaknya kita harus gugat sonice, so good dan viezta. Atau, biarin ajalah, itung-itung seleksi alam. Yang ceroboh cepet mati.

Comments

comments