ISIS (akhirnya) Menyerah

8
views

ISIS akhirnya menyerah. Syrian Democratic Forces (SDF) yang sebenarnya pasukan pemberontak Suriah memaksa ISIS bertekuk lutut  di kantong terakhir ISIS di Baghouz, Suriah.

Kehancuran ISIS meninggalkan banyak kesan buruk tentang Islam. Terutama khilafah. Tak terbayangkan bila khilafah Islamiyah yang digadang-gadang para pengusungnya, berwajah seperti ISIS itu. Kejam, brutal, tak berperikemanusiaan.

Saya ingat, pada awal kemunculannya, ISIS banyak mendapat simpati dan dukungan dari pegiat khilafah tanah air. Bahkan seorang teman, dalam obrolan, rela meninggalkan anak, istri dan kehidupan mapan di Indonesia untuk pergi ke Darul Islam, Darul Khilafah ini. Untungnya itu baru sekedar komitmen, belum action.

Saat itu dia bertanya pandangan saya tentang ISIS. Saya hanya menegaskan satu hal. Bila ISIS berani menyerang Israel, berarti memang murni hasil perjuangan gerakan pengusung khilafah. Bila tidak, maka ISIS hanyalah bagian rekayasa Amerika untuk menguasai Suriah. Dan itu terbukti. Sampai bubar, ISIS tak berani menyenggol Israel.

Suriah sendiri adalah negara yang cukup strategis untuk terjadinya perang antar kepentingan. Sebelum ada ISIS pun, Amerika telah terang-terangan mendukung pemberontak yang melawan Bashar Al Asad, yang didukung Tiongkok.

Rupanya, Tiongkok dengan OBOR nya (one belt one road) berusaha dibendung Amerika dengan IDFC nya (Infrastructure Development Finance Company ). Membendungnya bisa dengan cara apapun. Termasuk mengadu domba.

Tiongkok saat ini berkomitmen membantu rekonstruksi Suriah dengan investasi yang terus bertambah. Padahal, Beijing sudah mengirimkan $2 milyar untuk investasi industri Suriah, dan  $23 milyar melalui China-Arab States Cooperation Forum. Sangat besar bila hanya dianggap sebagai bantuan sahabat. Itulah yang membuat Amerika berang.

Lahirnya ISIS yang merupakan muara dari banyak kepentingan yang saling menunggangi, akhirnya porak poranda. Sayangnya menyisakan kesan sangat buruk tentang Islam.

Jadi, buat para pengusung khilafah, Anda adalah PR (Public Relation) Islam. Tampakkan Islam yang baik di mata ummat lain. Jangan tinggalkan akhlaq dalam perjuangan Anda. Khilafah tak akan tegak dengan cara-cara culas. Ikuti semua teladan Rasulullah Saw, pasti penampilanmu tak lagi garang, menakutkan dan bengis!

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *