Alloh Tidak Butuh Disembah Makhluk

Posted by
15
views

Beredar potongan do’a yang dibaca seorang ibu tokoh oposisi sebagai berikut:

jangan, jangan Engkau tinggalkan kami 
dan menangkan kami
Karena jika Engkau tidak menangkan
Kami khawatir ya Allah
Kami khawatir ya Allah
Tak ada lagi yang menyembah-Mu

Do’a ini menyiratkan sebuah kesombongan, kebodohan, pemahaman yang salah. Bahkan, menyedihkan.

Pemanjat do’a ini menempatkan diri di posisi yang dibutuhkan Alloh. Padahal yang butuh Alloh itu kita, makhluq.

Alloh tak butuh kita sembah. Tak butuh kita berbuat baik. Bahkan Alloh tak terpengaruh sedikitpun walaupun seluruh manusia di bumi melakukan maksiat.

Walaupun misalnya seluruh manusia di bumi tak menyembah-Nya, Dia tetap Maha Kuasa. Nah, apalagi cuma kelompok oposisi, yang jumlahnya gak ada separuh penduduk Indonesia?

Sepertinya ibu ini keseringan nonton film-film tentang dewa Yunani. Yang jadi gahar dan kuat karena banyak yang berdoa kepadanya. Sebaliknya, lemah dan tanpa daya karena manusia melupakannya.

Alloh, Tuhan kita tak seperti itu. Alloh Maha Kaya, Maha Kuasa, Maha Sempurna. Dia tak butuh ibadah kita. Kita lah yang butuh Alloh.

يَا أَيُّهَا النَّاسُ أَنْتُمُ الْفُقَرَاءُ إِلَى اللَّهِ ۖ وَاللَّهُ هُوَ الْغَنِيُّ الْحَمِيدُ

Hai manusia, kamulah yang membutuhkan kepada Allah; dan Allah Dialah Yang Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) lagi Maha Terpuji.” (QS. Fathir: 15)

Kitalah, manusia, yang membutuhkan Allah dalam segala sesuatu. Kita -tidak bisa- tidak memerlukanNya sekejap pun. Sebaliknya Allah Mahakaya sehingga Dia tidak membutuhkan manusia dan tidak memerlukan apa pun dari makhlukNya.

Paham Bu?

Comments

comments